Cara Membuat dan Memperpanjang Sim Online

Advertisement

Cara Membuat Sim Online – Salah satu syarat wajib mengenderai motor ataupun mobil adalah memiliki SIM (Surat Ijin Mengemudi). Peraturan ini sudah menjadi hukum mati bagi semua masyarakat Indonesia yang ingin berkendara dengan aman dan nyaman. Sobat tak perlu bingung dalam membuat SIM A ataupun SIM C. Pasalnya Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri telah menyediakan layanan pembuatan SIM Online yang akan mempermudah masyarat Indonesia untuk membuat SIM dan memperpanjang SIM.

Hadirnya layanan SIM Online membuat kita bisa membuat SIM dimanapun dan kapanpun, karena tidak berdasarkan domisili yang terpampang pada KTP. Langkah pembuatan SIM Online juga sangat mudah, karena kita hanya perlu mengisi beberapa form yang berisi mengenai pembuatan SIM baru ataupun perpanjangan SIM. Kita hanya tinggal memilihnya sesuai kebutuhan dan mengisi form yang tersedia sesuai dengan data diri KTP. Sayangnya proses pendaftaran SIM Online harus menggunakan e-KTP yang hingga saat ini terkendala pendistribusiannya.

upanya pembuatan SIM Online tetap tidak gratis, karena kita harus melakukan pembayaran biaya SIM Online melalui ATM, EDC, ataupun Teller di Bank BRI. Walaupun Online, namun kita tetap diwajibkan menjalani ujian teori dan praktek di Polres terdekat. Jadi SIM Online hanya mempersingkat waktu pendaftaran, karena semua data diri yang dibutuhkan akan input secara online di website http://sim.korlantas.polri.go.id

Advertisement

Sayangnya pembuatan SIM Online hanya terbatas untuk SIM A dan SIM C. Dimana SIM A dikhususkan bagi pengemudi mobil penumpang atau mobil barang yang memiliki kapasitas tidak melebihi 3.500 kg. Sedangkan untuk SIM C dikhususkan untuk pengendara sepeda motor. Nah, bagi sobat otomotif yang belum memiliki SIM atau ingin memperpanng sim yang sobat miliki, maka sobat bisa mengikuti langkah-langkah pembuatan SIM Online pada artikel otoboy.com berikut ini.

Cara Membuat dan Memperpanjang Sim Online

Cara Membuat dan Memperpanjang Sim Online

Cara Membuat dan Memperpanjang Sim Online

    1. Pastikan sobat sudah memiliki e-KTP
    2. Untuk mendaftarannya, sobat bisa mengujungi situs berikut ini  http://sim.korlantas.polri.go.id
    3. Selanjutnya sobat memilih menu SIM Online.
    4. Tersedia dua jenis permohonan, yaitu perpanjangan atau pembuatan SIM baru.
    5. Isi semua data yang dibutuhkan, seperti email, Golongan SIM, Jenis Permohonan, dan berbagai data lainnya
    6. Setelah semua data sukes dimasukan, maka sobat bisa pembayaran di ATM, EDC, atau Teller BRI.
    7. Siapkan suarat keterangan sehat dari Dokter sebelum sobat datang ke lokasi Satpas, Gerai, atau SIM keliling.
    8. Selanjutnya kita harus datang ke lokasi Satpas/Gerai/SIM keliling yang kita dipilih saat pendaftaran SIM Online
    9. Selanjutnya pihak kepolisian akan melakukan verifikasi data yang mencakui pengambilan foto, sidik jari, dan tanda tangan
    10. Setelah semuda data terverifikasi, maka selanjutnya kita harus melakukan ujian teori dan pratik
    11. Apabila semua ujian teori dan praktek terbukti lulus, maka SIM akan dicetak
Advertisement

Baca Juga : Harga Shock Ohlins Terbaru di Indonesia

Nah itulah langkah yang dibutuhkan untuk pembuatan dan perpanjang SIM secara online. Semua langkahnya tergolong simple, sehingga membantu kita dalam membuat SIM baru ataupun memperpanjangnya. Inilah salah satu bukti Korlantas Polri untuk mengurangi pungli ketika masyarakat Indonesia membuat SIM. Selama ini pembutan Sim memang terkenal akan punglinya, sehingga masyarakat harus mengeluarkan uang lebih untuk membuat ataupun memperpanjang SIM.

Advertisement
Advertisement