Tips & Cara Merawat Filter Udara Kendaraan Bermotor 2017

Advertisement

Cara Merawat Filter Udara – Tarikan kendaraan yang sobat miliki terasa berat ? bisa jadi hal itu dikarenakan kurang bersihnya saringan udara atau filter udara yang terpasang didalam kendaraan. Dan hal ini bukan hanya berlaku pada motor, tetapi juga mobil. Karena keduanya sama-sama dilengkapi dengan saringan udara, yang berfungsi untuk membersihkan udara yang masuk kedalam ruang bakar. Namun bila ternyata filter sudah tidak bisa bekerja dengan benar, walhasil ruang pacu / kinerja mesin menjadi terganggu.

Nah untuk itu, bila sudah merasa demikian, segeralah bersihkan bagian tersebut. Cara merawat filter udara sangatlah mudah, karena pada dasarnyad bagian ini ditempatkan pada zona mudah di temukan oleh si pengendara tempatnya. Jadi tinggal siapkan saja alat-alatnya seperti obeng maupun kunci-kunci yang terlihat pada bagian tersebut. Tidak mebutuhkan waktu lama untuk membersihkannya dari kerak-kerak membandel yang biasanya menempel pada elemen filter.

Hanya saja ada beberapa hal yang perlu sobat ketahui, karena bagian ini termasuk sebagai bagian vital kendaraan, dan biasanya material yang digunakan cukup banyak macamnya, ada baiknya nanti setelah di bersihkan, anda tidak menjemurnya langsung di bawah terik matahari, karena bukannya kering dan bersih, namun justru bakal merusak elemen filter, malah kinerja mesin makin terganggu atau bahkan salah-salah performa terasa menurun. Meski terlihat sepele, saringan udara termasuk yang terpenting dalam kendaraan bermotor.

Advertisement

Terdapat banyak cara merawat filetr udara, mulai dari ada yang di masukan ke dalam solar, lalu di semprot dengan udara bertekanan tinggi, dimana cara kedua ini banyak di lakukan oleh para pengguna mobil, khususnya truck yang tidak mau ribet, dan bisa di bilang cara tersebut cukup efektif dalam jangka panjang, tannpa perlu menggantinnya dengan partts filter udara baru, yang tentunya di bandrol cukup mahal tergantung tipe kendaraannya. Berikut kami berikan tipsnya dalam Cara Merawat Filter Kendaraan Bermotor dibawah ini.

Daftar Cara Merawat Filter Kendaraan Bermotor

Cara Merawat Filter Udara Kendaraan Bermotor

Cara Merawat Filter Udara Kendaraan Bermotor

1. Pertama, jelas anda harus membuka bagian filter dari tempat dimana dia di pasang, setelah terlepas dari tempatnya, kini tinggal sobat pindahkan ke tempat terbuka, karena filter yang telah di gunakan pastinya berdebu dan kotor, sehingga harus berada di ruang terbuka

2. Kedua, setelah terllepas, kini sobat tinggal membersihkannya, tapi perlu diketahui, ada beberapa tipe filter udara yang dalam perawatannya tidak asal, karena beberapa diantaranya terbuat dari material karton, yang notabennya bila rusak tidak akan kembali ke wujud semula, berikut penjelasan jenis filter udara dibawah ini

Advertisement

  •  Tipe Konvesional

Tipe ini terbuat dari bahan busa, yang mana untuk membersihkannya tidaklah terlalu ribet, karena busa sendiri bila di bersihkan tetap dapat kembali ke ukuran semula, asalkan jangan di jemur di tempat yang terkena sinar matahari langsung, lebih baik langsung menyemprotnya dengan angin bertekanan tinggi. Akan tetapi jika pori pori sudah mengeras ataupun berlubang, ada baiknya langsung di ganti dengan yang baru.

  • Filter Kertas (Jenis Basah)

Kebanyhakan filter ini digunakan oleh kendaraan baru, sekitar tahun 2014 ke atas, cara merawat filter udara yang satu ini lebih mudah ketimbang tipe konvensional, karena sobat cukup memukul-mukulkan secara perlahan terhadap telapak tangan, dan bila dirasa sudah bersih,  tidak ada cairan yang mentes, bisa langsung di pasang. Dan tipe filter ini biasanya selalu berlumur pelumas, lalu tipe ini pula memiliki masa waktu penggantian setiap 15.000 km. Kalau bisa di bawah kilometer tersebut, sobat harus sudah menggantinya, agar performa tetap terjaga.

  • Filter Kertas (Jenis Kering)

Meski sama-sama menggunakan material kertas, tetapi dalam penyajiannya berbeda dari tipe basah di atas, yakni kering, atau memiliki sebutan nama dry element. Sayangnya dalam masa penggantiannya lebih singkat dibanding tipe basah, setidaknya 8000 km harus sudah di ganti dengan filter udara yang baru.

Advertisement

3. Ketiga, kalau sudah di bersihkan filter udaranya, cara merawat filtter udara selanjutnya, sobat bersihkan pula tempat dimana filter udara di tempatkan, bisa menggunakan lap basah lalu kemudian di lap kering, atau dengan solar.

4. Ke empat, Setelah benar-benar bersih keduanya, kini sobat tinggal memasangnya kembali terhadap kendaran bermotor seperti semula.

5. Ke lima, anda tinggal rasakan perbedaannya sebelum dan sesudah di bersihkan, pastinya akan terasa enteng tarikannya.

Note :

  • Semua tipe filter pada dasarnya dapat di olesi dengan oli, namun bukan sembarang oli, karena ada oli khusus untuk mejaga elemen-elemen filter didalamnya tetap berada pada kondisi terbaik. Kalaupun sobat tidak bisa membelinya, bisa mengolesinya dengan oli yang baru di buka, tapi tidak perlu terlalu basah, cukup tipis-tipis saja di permukaan filter.

Baca juga : Motor KTM Termurah dan Terbaru, hanya di Otoboy.com

Bagaimana  menurut sobat ? cara merawat filter udara di atas sangat mudah bukan mengaplikasikannya ? pasalnya pihak pabrikan selalu menempatkan bagian ini pada tempat yang mudah atau diketahui oleh penggunanya, apalagi untuk filter mobil, jelas mudah di jangkau karena berada di permukaan, atau baggian depan, yang tak perlu melepas pasang bagian bodi seperti pada kendaraan roda dua. Demikian tips dan Cara Merawat Filter Udara yang kami sampaikan, semoga bermanfaat bagi anda yang ingin membersihkan filter tanpa harus ke bengkel.

 

Advertisement
Advertisement