Daihatsu Sigra & Toyota Calya Resmi Diperkenalkan

Advertisement

Otoboy.com – Akhirnya PT Astra Daihatsu Motor (ADM) dan PT Toyota Astra Motor (TAM) resmi merilis mobi LCGC terbarunya, yaitu Daihatsu Sigra dan Toyota Calya. Kedua mobil ini siap bersaing melawan mobil LCGC buatan Datsun yang terlebih dahulu dipasarkan sebagai mobil murah tujuh penumpang di Indonesia. Harga keduanya juga cukup bersaing, dan dipastikan harganya akan dibanderol dibawah 150 Juta Rupiah. Meski murah, namun segudang fitur canggih akan dimiliki kedua mobil LCGC terbaru ini.

Daihatsu Sigra

Daihatsu Sigra

Mobil berjenis MPV dengan tiga baris kursi tersebut, akan mengusung mesin berbeda. Dimana untuk Daihatsu Sigra akan dipasarkan dengan dua varian mesin, yakni mesin 1 KR-VE DOHC, VVT-i berkapasitas 1.0L, 3-silinder yang diklaim mampu mengeluarkan tenaga mencapai 67 PS dan memuntahkan torsi mencapai 87 Nm. Selain itu, tersedia pula varian mahal Daihatsu Sigra yang mengadopsi mesin 3 NR-VE DOHC, Dual VVT-i berkapasitas 1.2L dengan empat buah silinder didalamnya.

Performa mesin 1.2 Liter yang dimiliki Daihatsu Sigra akan mampu menghasilkan tenaga maksimal mencapai 88 PS dan torsi mencapai 105 Nm. Kemudian untuk Toyota Calya akan dilengkapi mesin Dual VVT-i berkapasitas 1.2 Liter yang memiliki performa tak berbeda jauh dari meisn yang dipakai Daihatsu Sigra. Kedua mobil ini memang menjanjikan mesin bertenaga yang tetap irit bahan bakar, sehingga sangat cocok dipakai sebagai mobil keluarga untuk memenuhi sarana transportasi setiap harinya.

Sebagai mobil MPV tujuh penumpang yang dibanderol dengan harga sangat murah, pastinya kedua mobil ini akan mendapatkan sambutan positif dari seluruh lapisan masyrakat Indonesia. Keduanya bisa menjadi alternatif selain Datsun Go+, ataupun mobil LCGC lainnya yang sama-sama dibanderol murah. Sebagai tambahan, sebelumnya Daihatsu dan Toyota juga berkolabrosi dalam menghadirkan Ayla dan Agya yang sama-sama berstatus sebagai mobil LCGC (Low Cost Green Car).

Dilansir dari kompas.com, kabarnya Toyota dan Daihatsu sudah menghabiskan Rp 1,1 Triliun untuk mengembangkan kedua mobil ini. Nilai investasi tersebut belum termasuk penjualan dan layanan purna jual, jadi total ada sekitar Rp 2,4 Triliun yang telah digelontorkan keduanya. Kemudian untuk soal harga, kabarnya harga Toyota Calya akan dibanderol mulai dari Rp. 129 Jutan sampai Rp. 150 Jutaan. Sedangkan untuk harga Daihatsu Sigra akan dipasarkan mulai Rp. 106 Jutaan sampai Rp. 149 Jutaan.

Advertisement
Advertisement