Harga BMW HP4 Terbaru dan Spesifikasi Desember 2016

Advertisement

Harga BMW HP4 – Motor bergenre sport sebenarnya sudah sejak dari dahulu banyak peminatnya, hanya saja akhir-akhir ini mulai dari tahun 2015 peminatnya semakin menggeliat, sampai-sampai produsen motor ternama luar negri yang sebelumnya jarang kelihatan mengaspal di jalanan Indonesia mulai terlihat dalam jumlah cukup banyak, lebih dari tahun-tahun sebelumnya. Salah satunya Moge garapan BMW, produsen satu ini diketahui bukan hanya memiliki koleksi mobil me3wah saja, tetapi dirinya juga memiliki koleksi motor mewah.

Beberapa waktu lalau kami dari team otoboy telah membahas beberapa motor besutan BMW, dan kali ini kami kembali mengulas lebih lanjut akan keberadaan motor sport yang ada di negri kita ini, yakni BMW HP4. Nama yang menurut kami cukup unik dan begitu simple. Akan tetapi apa yang dimiliki olehnya tidak sesimpla namanya, dimana dirinya diketahui memiliki bekal mesin berkapasitas besar, kerennya lagi, dalam jeroan komponen yang ada didalam mesin disebutkan BMW menggunakan material titanium.

Untuk komponen yang menggunakan bahan tersebut adalah pada bagian katup yang mengatur masuknya gas ke dalam ruang bakar dan silinder. Adanya penggunaan material dikatakan dapat mendongkrak performa yang ada didalam bagian dapur pacu dari BMW HP4 menjadi lebih, sehingga hasil akhirnya kinerja mesin yang di usung oleh BMW HP4 lebih powerfull dan mantabs mulai dari tarikan gas pertama sampai dengan akhir. Bahkan tercatat dengan segala komponen yang ada didalam, BMW HP4 dapat menghasilkan power begitu besar.

Advertisement

Selain power besar, BMW HP4 juga menyuguhkan fitur unggulan yang begitu khas berupa Dynamic damping control (DHC), dari fitur ini nantinya sobat otoboy sebagai pengguna dapat melakukan setting redaman suspensi sesuai dengan selera dan kebutuhan hanya melalui panel layar di bagian kemudi. Jadi tak perlu repot-repot lagi untuk mengatur redaman empuk atau kerasnya suspensi secara manual, karena semua bisa diakses diatas motor. Kemudian di sisi lain serta lebih jelas akan apa saja yang dimiliki moge satu ini, sobat bisa simak langsung dalam ulasan Spesifikasi dan Harga BMW HP4 dibawah ini.

Spesifikasi dan Harga BMW HP4

Spesifikasi dan Harga BMW HP4

Spesifikasi dan Harga BMW HP4

Spesifikasi BMW HP4

Mesin
  • Tipe mesin :4-cylinder 4-stroke in-line engine, four titanium valves per cylinder, two overhead camshafts
  • Kapasitas mesin : 999 cc
  • Sistem Pendingin : Water/oil-cooled
  • Diameter X Langkah : 80 mm x 49,7 mm
  • Perbandingan Kompresi : 13.0 : 1
  • Max power : 142 kW (193 bhp) / 13,000 rpm
  • Max Torsi : –
  • Engine management : Electroinc injection, digital engine electronics with integrated knock control (BMS-KP)
  • Emisi : 1 closed-loop 3-way catalytic converters, EU-3 norm with electronically controlled interference pipe and acoustic valves
Transmisi
  • Sistem transmisi : Constant-mesh 6-speed gearbox, straight-toothed
  • Tipe kopling : Multiple clutch in oil bath, anti hopping clutch, mechanically controlled
Dimensi
  • Panjang : 2.056 mm
  • Lebar : 826 mm
  • Tinggi : 1,138 mm
  • Jarak sumbu roda : 1810 mm
  • Tinggi tempat duduk : 820 mm
  • Berat kosong : 199 kg
  • Kapasitas bahan bakar : 17.5 liter
Rangka / Suspensi
  • Tipe Frame : Aluminium composite bridge frame, partially self-supporting
  • Suspensi Depan : Upside down telescopic fork Ø 46 mm, dynamic damping control DDC, adjustable spring preload, electronically adjustable damping
  • Suspensi Belakang : Aluminium dual swing arm, dynamic damping control DDC (central spring strut), hydraulically adjustable spring preload, adjustable compression and rebound damping
  • Rim Depan : 3.50 x 17″
  • Rim Belakang : 6.00 x 17″
Pengereman
  • Rem Depan : Twin disc brake, floating brake discs on nine bearings, four piston monobloc fixed caliper, diameter 320 mm, 5 mm thick
  • Rem belakang : Single disc brake, single piston floating caliper, diameter 220 mm, 5 mm thick
  • Teknologi : BMW Motorrad race ABS, disengageable, four modes to choose from: Rain, Sport, Race, Slick, IDM setting
Kelistrikan
  • Alternator : three-phase generator 350 W
  • Batteray : 12 V / 7 Ah, maintenance-free
Ban
  • Roda Depan : 120/70 ZR 17
  • Roda Belakang : 200/55 ZR 17

Review BMW HP4

Review BMW HP4

Review BMW HP4

Seperti biasa, kita awali dari segi desain, yang jelas-jelas BMW HP4 ini memiliki tampilan atau bentuk tubuh cukup besar. Pasalnya BMW HP4 mengusung dimensi ukuran panjang 2.056 mm, lebar 826 mm, dan tinggi total 1,138 mm. Biarpun besar dan cukup lebar, akan tetapi sobat otoboy sebagai pengguna dapat mengendarainya secara mudah, dikarenakan ukuran tinggi tempat duduk si pengendara hanyalah 820mm, sehingga buat sobat yang memiliki tinggi minim 170 cm, tetap dapat naik dengan mudah ke atas motor tanpa perlu bantuan atau pijakan kaki tinggi.

Akan tetapi karena ukuran serta penempatan stang jepit, tangki berukuran besar dengan kapasitas 17.5 liter, serta tempat duduk yang lebih rendah dari posisi stang, akan memaksa para pengguna lebih membungkuk ketika mengendarai. Biarpun demikian, sobat akan merasakan nyaman, dan sobat akan merasakan berkendara layaknya moge sejati. Kemudian untuk bobot BMW HP4 memiliki berat 199 kg, jadi dapat dikatakan lumayan berat juga ketika mengangkatnya, tetapi berat tersebut ketika berjalan akan hilang, dan sobat dapat melakukan manuver dengan mudah diberbagai kondisi jalan.

Advertisement

Beralih ke desain, bentuk tubuh yang besar sepadan dengan body full fairing yang membalutnya, yang jelas BMW HP4 tampil sporty, disamping itu untuk mengatkan kesan mewah, pada bagian Head Lamp ditempatkan dua model lampu berbeda, dan hanya bisa sobat temukan di moge dari BMW. Kemudian pada bagian belakang, BMW HP4 terlihat begitu meruncing. Oiya perlu sobat ketahui BMW HP4 ini agak egois sob, pasalnya pihak BMW hanya memberikan satu tempat duduk saja untuk pengemudi, dan tidak ada pembonceng dibelakangnya.

Terlepas dari bagian desain, sekarang kita maasuk ke lini chasis, yang bisa sobat lihat sendiri, jelas BMW HP4 mengenakan model Aluminium composite bridge frame & partially self-supporting. Selain membuatnya terlihat lebih kokoh, adanya rangka demikian akan membuatnya memiliki tingkat keseimbangan lebih, serta dapat menopang seluruh komponen bagian tubuhnya, terutama sektor dapur pacu yang menggunakan mesin tipe Water/oil-cooled 4-cylinder 4-stroke in-line engine, four titanium valves per cylinder, two overhead camshafts & kubikasi sebesar 999cc.

Dan dari situlah BMW yang menggunakan settingan Bore x stroke = 80 mm x 49,7 mm serta rasio kompresi 13.0 : 1, dapat menghasilkan power maksimum hingga 193 bhp pada putaran mesin 13000rpm. Besar juga yah sob tenaganya ? tapi tenang saja, meskipun daat mencapai top speed lebih dari 200km/jam hanya dalam hitungan detik, untuk pemakaian bahan bakar terbilang cukup irit dikelasnya, yang tidak lain dan tidak bukan adalah berkat teknologi Electroinc injection, tak hanya itu saja, kerennya lagi BMW HP4 juga tercatat sebagai motor ramah lingkungan yang dibuktikannya dengan setifikat EURO 3.

Desain BMW HP4

Desain BMW HP4

Sementara itu untuk estimasi pemakaian bahan bakar setelah dilakukan pengujian oleh BMW, pihaknya mengklain untuk 5.7 liter BBM dapat untuk menempuh jarak 100km dalam kecepatan 90km/hjam, dan bila sobat menginginkan meningkatkan kecepatan hingga 120 km/jam dalam jarak tempuh sampai 100 km, paling tidak sobat membutuhkan BBM sebanyak 5.9 liter. Beralih menyoal akan kenyamanan berkendara, sudah sempat kami singgung diatas, kalau motor BMW HP4 ini terbilang sangat nyaman dikendarai.

Apalagi pada kedua bagian suspensi yang terdiri dari Up side down berdiameter 46mm dibagian depan, dan bagian belakang menggunakan Aluminium dual swing arm, pihak BMW sendiri melengkapinya bersama teknologi DDC ( dynamic damping control), yang nantinya adanya hal demikian sobat tidak perlu repot atau susah-sussah ke bengkel untuk mensetting tingkat keras atau empuknya suspensi, tetapi sobat hanya bisa melakukan pengaturan semua itu hanya dengan panel yang tersedia dalam stang kemudi.

Kemudian untuk lebih meningkatkan kenyamanan, BMW HP4 melengkapi diri dengan ban tubeless berukuran besar 120/70 ZR 17 (depan) dan 200/55 ZR 17 (Belakang). Lalu di di sisi keamanan, disamping diberikan bekal Twin disc brake dibagian depan dengan diameter sebesar 320mm dan bagian belakang single disc brake diameter 220 mm, yang akan menjamin pengereman maksimal setiap kali dibutuhkan, BMW HP4 juga adopsi teknologi BMW Motorrad race ABS, yang akan lebih memaksimalkan lagi pengereman, serta akan emmbuat pengendara lebih aman ketika melakukan pengereman secara mendadak.

Harga BMW HP4

Harga BMW HP4

Harga BMW HP4

Harga BMW HP4 Baru Rp-
Harga BMW HP4 Bekas Rp.430.000.000,-
Harga BMW HP4 Terbaru Daftar Harga Motor BMW

Menurut sobat otoboy, desain dari BMW HP4 keren gak ? tertarik untuk bisa memilikinya ? kabar terbaru yang kami dapatkan, menyebutkan harga BMW HP4 bekas di negri kita ini dilepas pada angka Rp.430 jutaan. Padahal harga baru diluar sana dahulu hanya Rp.300 jutaan, tetapi seperti biasa setelah masuk indonesia dan setelah ditambah dengan biaya pajak serta biaya administrasi lainnya, harga BMW HP4 emnjadi 3 kali lipat dari harga BMW HP4 aslinya. Tetapi hal itu si kami anggap wajar-wajar saja.

Advertisement

Baca juga : Harga BMW F 700 GS Terbaru, hanya di Otoboy.com

Terlebih buat sobat otoboy penggila Moge, harga BMW HP4 yang sedemikian bukanlah menjadi satu penghalang berarti untuk bisa membawanya pulang ke garasi rumah. Ditambah teknologi yang di adopsinya dan performa yang dihasilkan dari dalam dapur pacu yang di usungnya, sudah jelas-jelas powerfull serta telah lolos uji Emisi Euro 3, yang membuatnya memiliki nilai jual lebih baik ketimbang moge lainnya. Demikian informasi yang dapat kami berikan, mulai dari spesifikasi, review lengkap dan Harga BMW HP4 terbaru semoga bermanfaat untuk menambah pengetahuan sekaligus sebagai bahan pertimbangan bagi yang berniat meminangnya.

Advertisement
Advertisement