Harga Honda CRF1000L Africa Twin Terbaru Juli 2017 dan Spesifikasi

Advertisement

Harga Honda CRF1000L Africa Twin – Demi dapat memenuhi kebutuhan pasar kelas atas, honda memboyong masuk dua generasi big bike miliknya, yang pertama ada Honda CRF250 Rally (Sudah kita bahas kemarin) dan Honda CRF1000L Africa Twin. Nah untuk varian kedua ini bakal kita kupas tuntas kali ini, dimana dengan melihat namanya saja, dipastikan motor ini memiliki tenaga begitu powerfull, yang dapat mengantarkan setiap pengguna untuk bisa mendapatkan sensasi jauh lebih seru saat berkendara dengannya.

Tapi sebelum melangkah lebih jauh, ada baiknya jika sobat otoboy mengetahui kalau yang terbaru dari Honda tersebut hadir dalam dua pilihan berbeda, yakni tipe Standard dan DCT ABS. Meski keduanya berbeda dari segi tipe, akan tetapi soal performa terbilang sama antara keduanya. Hal itu dikarenakan honda memperkuat sektor dapur pacu pada dua tipe motor gede terbaru dari honda tersebut dengan mesin berkapasitas 1000cc, yang disuguhkan dalam dua silinder.

Hanya saja mengenai jeroan kopling, disebutkan kalau versi standard atau serie MT dilengkapi dengan slipper clutch, sedangkan versi DCT ABS didukung dengan teknologi lebih tinggi yakni 2 wet multiplate clutches with coil springs. Namun overall, keduanya sama-sama enak dikendarai dalam berbagai mode jalan. Terlebih pada bagian depan telah dilengkapi dengan menggunakan suspesnsi model upside down, sedangkan bagian belakang dilengkapi suspensi monoshock pro link yang bisa di atur daya redamnya sesuai dengan kebutuhan.

Advertisement

Selanjutnya tentang desain, dilihat sekilas memang tidak ada perbedaan berarti kecuali warna, akan tetapi bila kita melihat lebih mendalam, lebar keduanya memiliki selisih yang cukup lumayan, yang mana hal itu disebabkan karena aksesoris di versi DCT lebih lengkap, sehingga menjadikan ukuran tubuhnya menjadi berbeda, tetpai untuk lebih jelasnya soal motor penjelajah terbaru dari honda ini, anda bisa simak ulasan lengkapnya dalam Spesifikasi dan Harga Honda CRF1000L Africa Twin dibawah ini.

Spesifikasi dan Harga Honda CRF1000L Africa Twin

Spesifikasi dan Harga Honda CRF1000L Africa Twin

Spesifikasi dan Harga Honda CRF1000L Africa Twin

Spesifikasi Honda CRF1000L Africa Twin

Mesin
  • Tipe : Liquid Cooled 4 stroke 4 valve per cylinder parallel twin with 270° crank and uni-cam
  • Kapasitas : 998 cm3
  • Diameter X Langkah : 92 mm x 75.1 mm
  • Rasio Kompresi : 10,6 : 1
  • Power Maksimal : 70 kW / 7500 rpm
  • Torsi Maksimal : 98 Nm / 6000 rpm
  • Pengapian : TCI (Transistor Control Ignition)
  • Sistem Bahan Bakar : Electronic Fuel Injection, BMS-E2
  • Kopling :
    – MT : wet , multiplate with coil springs, Alumunium Cam Assist and slipper clutch
    – DCT : 2 wet multiplate clutches with coil springs
  • Transmsi : Constant Mesh 6-speed MT/ 6-speed DCT
  • Final Drive : O-ring sealed chain
  • Honda Selectable torque Control System (HSTCS) : HSTC 3 levels + switch off ( ABS & DCT models only , not on STD model )
Dimensi
  • P x L x T : 2.335 mm x 875 mm (standar) / 930 mm (ABS / DCT) x 1.475 mm
  • Tinggi Tempat Duduk : 870 mm
  • Jarak Terendah ke Tanah : 250 mm
  • Jarak Sumbu Roda : 1.575 mm
  • Turning Radius : 2.6 m
  • Berat Kering : 208 kg (STD), 212 kg (ABS) , 222 kg (DCT)
  • Berat Basah : 228 kg STD), 232 kg (ABS), 242 kg (DCT)
  • Kapasitas Tangki : 18,8 liter
  • Konsumsi Bahan Bakar : (WMTC Mode) : MT 21,7 km & DCT 21,8 km/liter
Rangka
  • Frame : Tipe Steel semi-double cradle type with steel rear subframe
  • Suspensi depan : Showa 45 mm cartridge -type inverted telescopic fork with dial-style preload adjuster and DF adjustment, 230 mm stroke
  • Suspensi belakang : Monobloc cast alumunium swingarm with pro-link with gas-charged damped , hydraulic dial-style preload adjuster and rebound damping adjustment, 220 mm rear wheel travel
  • Velg Depan : Wire spoke with alumunium wire
  • Velg Belakang : Wire spoke with alumunium wire
  • Ban Depan : 90/90 – 21 tubeless
  • Ban Belakang : 150/70 – 18 tubeless
  • Rem Depan : 310 mm dual wave floating disc with alumunium hub and radial fit 4 piston calipers and sintered metal pads
  • Rem Belakang : 256 mm wave disc with 1-piston caliper and sintered metal pads. Also Lever-lock type parking brake system on DCT Model with additional slide type 1-piston calliper
Fitur
  • Headlight : Dual LED (1 high/1 low) with LED
  • Tailight : LED
  • Instrumen : Rally stage negative LCD instrument display including : speedometer, tachometer, fuel, gear position, ABS, HTSC, odometer, trip dan jam
  • Indicator
    – STD : bulb type
    – ABS/DTC : LED type. both with amber position light fuction (APL)

Review Honda CRF1000L Africa Twin

Review Honda CRF1000L Africa Twin

Review Honda CRF1000L Africa Twin

Menyoal desain, bila kita bandingkan dengan serie 250 Rally, sebenarnya hampir sama, hanya saja di karenakan kapasitas mesin yang dibawanya, membuatnya dari segi dimensi dipastikan berbeda. Namun antara tipe pilihan dari Honda CRF1000L Africa Twin sama-sama mengusung dual Head-lamp yang di isinya dengan lampu LED tersusun atas 1 versi high, sedangkan satunya lagi versi low untuk lampu jarak dekat, kemudian pada bagian belakang terpasang tailight menggantung lengkap bersama stop lamp dengan LED didalamnya.

Kemudian melihat sisi dashboard, honda mengisinya dengan “Rally stage negative LCD instrument display”, yang terdiri dari : speedometer, tachometer, fuel, gear position, ABS, HTSC, odometer, trip dan jam. Selanjutnya dalam penyajiannya, terdapat beberapa versi berbeda, yang mana serie MT dan DCT / ABS di bedakan atas dasar ukuran lebar, kalau versi standard membawa ukuran 875mm, sedangkan versi DCT atau ABS usung ukuran lebih lebar dengan 930mm. Akan tetapi untuk panjang dan tinggi secara keseluruhan, keduanya tampil dengan 2.335mm dan 1475mm.

Advertisement

Adapun ground clearance yang dibawanya pun sama, yakni 250mm. Alhasil motor penjelajah terbaru besutan honda ini nampak begitu tinggi dan kokoh. Lantas lain halnya dengan dimensi tubuh, ternyata soal bobot juga berbeda, disebutkan varian standard memiliki berat kering 208 kg, lalu pada posisi kedua varian ABS dengan 212 kg, sedangkan terberat ada pada varian DCT dengagn 222 kg. Meski berbeda, varian dari Honda CRF1000L Africa Twin tersebut saat di gunakan terasa memiliki bobot yang sama, pasalnya hanya memiliki selisih sedikit antara tipe satu dengan lainnya.

Lantas beralih ke bagian kaki-kaki, meski pada nyatanya terdapat 3 tipe berbeda, honda tetap saja sama-sama menopangnya dengan frame tipe Steel semi double cradle, yang terbilang kuat untuk menahan semua beban, serta memberikan tingkat keseimbangan tinggi. Apalagi semua itu di optimalisasi dengan suspensi upside down diameter 45mm di lini depan, lalu pada sektor belakang di topang swingarm berbahan dasar alumunium plus suspensi model monoshock pro link yang dapat dirubah daya redamnya sesuai kebutuhan.

Posisi Riding Honda CRF1000L Africa Twin

Posisi Riding Honda CRF1000L Africa Twin

Sementara itu, untuk penggunaan velg, honda memilih untuk melengkapinya dengan velg jari. Tapi jangan salah, velg ini merupakan tipe khusus karena tetap bisa dibalut ban tipe tubeless, dimana ukurannya sendiri 90 / 90-21(depan), dan 150 / 70-17 (Belakang), alhasil dengan apa yang ada pada bagian kaki-kaki ini, selain membuatnya terlihat begitu tinggi dan kekar, juga akan memastikan para pengguna nantinya dapat melewati berbagai medan berat, seperti gurun pasir atau hutan tanpa ada kendala. Tapi ya itu, bekal semua itu menjadikan harga Honda CRF1000L Africa Twin mahal.

Lalu masuk ke sektor dapur pacu, seperti apa yang kami singgung di atas, tipe boleh beda, tapi intinya pihak honda membekalinya dengan mesin tipe 4 stroke berkapasitas 998cc, yang tersusun atas dua silinder parallel dengan 270 derajat, serta di desain unicam, yang mana bentuk tersebut eksklusif dari honda, yang memiliki manfaat untuk meningkatkan kinerja dapur pacu menjadi lebih unggul. Bahkan tercatat, dengan bekal demikian, Honda CRF1000L Africa Twin dapat menghasilkan power sebesar 70 kW pada putaran mesin 7500rpm.

Advertisement

Sedangkan nilai torsi maksimum yang bisa diraihnya mencapai angka 98 Nm pada 6000rpm. Tetapi perlu sobat ketahui pula, penggunan tipe kopling terbilang berbeda, dimana untuk versi MT menggunakan model “multiplate with coil springs, Alumunium Cam Assist and slipper clutch”, lalu versi DCT / ABS di dukung “2 wet multiplate clutches with coil springs”, yang lebih enteng dalam penggunaannya. Lalu transmisinya sendiri, honda menggunakan jenis yang sama, yaitu menggunakan 6 percepatan manual.

Disamping powerfull serta nyaman, honda tidak lupa melengkapi motor penjelajah miliknya ini dengan double disc brake berukuran 310mm di bagian depan, dan belakang menggunakan ukuran 256mm. Berkat keduanya, memungkinkan pengguna bisa menghentikan laju kendaraan secra optimal. Apalagi untuk varian tertinggi, honda melengkapinya bersama teknologi ABS, yang bakal menjamin pengguna lebih aman ketika melakukan pengereman secara mendadak, pasalnya putara roda dipastikan tidak akan terkunci.

Harga Honda CRF1000L Africa Twin

Harga Honda CRF1000L Africa Twin

Daftar Harga Honda CRF1000L Africa Twin Terbaru

Harga Honda CRF1000L Africa Twin MT Baru Rp. 464.000.000
Harga Honda CRF1000L Africa Twin DTC Baru Rp. 499.000.000
Harga Terbaru : Daftar Harga Motor Honda

Note :

  • Harga Honda CRF1000L Africa Twin diatas merupakan harga OTR Jakarta
  • Harga Honda CRF1000L Africa Twin bisa berubah sewaktu-waktu
  • Beda kota kemungkinan berbeda pula harga Honda CRF1000L Africa Twin

Mesin berkapasitas besar, kemudian teknologi tinggi yang diterapkan pada tiap versinya, membuat harga Honda CRF1000L Africa Twin di patok tinggi, dan hanya para konglomerat saja yang bisa menjangkaunya. Tidak tanggung-tanggung, untuk bisa mendapatkan versi termurah saja, atau lebih tepatnya harga Honda CRF1000L Africa Twin versi standard, dilepas pada kisaran angka Rp.464 jutaan, sangat woww kan sob ? sedangkan harga Honda CRF1000L Africa Twin versi tertinggi hampir menyentuh angka 1/2 milyar.

Baca juga : Harga Honda CRF 250 Rally Terbaru, hanya di otoboy.com

Masihkah anda tertarik untuk bisa memilikinya, setelah mengetahui harga Honda CRF1000L Africa Twin di atas ? tapi kalaupun berminat, tidak perlu pusing memikirkan biaya import, karena pihak honda sendiri secara resmi telah memboyongnya masuk ke tanah air, jadi harga Honda CRF1000L Africa Twin yang kami sebutkan di atas merupakan bandrol setelah masuk ke pasaran. Demikian informasi mengenai spesifikasi dan Harga Honda CRF1000L Africa Twin semoga dapat membantu memberikan anda referensi ketika sobat membutuhkan motor tangguh dari Honda.

Advertisement
Advertisement