Harga Yamaha Mio Z dan Spesifikasi Desember 2016

Advertisement

Harga Yamaha Mio Z – Satu lagi motor matic 125cc yang bisa menjadi pilihan menarik bagi sobat otomotif yang mencari skutik ramah lingkungan dan irit bahan bakar, yaitu Yamaha Mio Z. Motor ini merupakan pengembangan dari Yamaha Mio M3 yang terlebih dahulu meraih kesuksesan dengan menawarkan mesin berteknologi BlueCore. Teknologi yang dikembangkan secara khusus oleh Yamaha tersebut, berhasil meningkatkan efesiensi bahan bakar mencapai 50% dibandingkan mesin motor matic generasi sebelumnya.

Tak hanya itu, Yamaha juga mengoptimalkan kemampuan mesin Mio Z dengan teknologi Fuel Injection yang menjadikan sistem pembakaran mesin lebih sempurna, dan membuat Yamaha Mio Z lulus standar emisi Euro 3. Berbekal mesin irit dan ramah lingkungan, pastinya motor ini bisa menarik perhatian masyarakat Indonesia. Terlebih kapasitas mesinnya mencapai 125cc dan didukung dengan desain stylis yang ramping dan ringan, sehingga menjamin performa motor ini lebih bertenaga ketika digeber melewati padatnya jalan raya.

Ada yang menarik dari motor matic terbaru ini, yaitu memiliki ukuran ban lebih besar dibandingkan milik Yamaha Mio M3 ataupun motor matic 125cc lainnya. Tak tanggung-tanggung, Yamaha melengkapinya dengan ban depan berukuran  80/80-14M/C dan ban belakang 80/90-14M/C. Penggunaan kedua ban tersebut membuat handling motor ini semakin sempurna dan meningkatkan kestabilan saat dipakai kebut-kebutan dijalan raya.

Advertisement

Harga Yamaha Mio Z dibanderol melebihi 15 juta rupiah. Walaupun harganya cukup mahal, namun motor ini menawarkan mesin irit yang mampu menghasilkan power maksimal sebesar  7,0 kW pada putaran mesin 8000 rpm. Lebih hebatnya lagi, motor ini sangat irit BBM, karena hanya dibutuhkan satu liter bensin untuk menempuh jarak mencapai 50km. Bagaimana, apakah sobat tertarik membelinya ?. Sebelum membelinya, mari kita lihat terlebih dahulu ulasan selengkapnya mengenai Spesifikasi dan Harga Yamaha Mio Z pada artikel berikut ini.

Spesifikasi dan Harga Yamaha Mio Z

Spesifikasi dan Harga Yamaha Mio Z

Spesifikasi dan Harga Yamaha Mio Z

Spesifikasi Yamaha Mio Z 

Mesin
  • Tipe mesin : Single Cylinder, Air Cooled 4-Stroke, SOHC
  • Diameter X Langkah : 52,4 x 57,9 mm
  • Perbandingan kompresi : 9,5 : 1
  • Volume silinder : 125 cc
  • Daya maksimum : 7,0 kW / 8000 rpm
  • Torsi maksimum : 9,6 Nm / 5500 rpm
  • Sistem starter : Electric & Kick Starter
  • Sistem pelumasan : Wet Sump
  • Sistem bahan bakar : Fuel Injection
  • Tipe transmisi : V-Belt Automatic
Dimensi
  • Dimensi (P x L x T) : 1870 mm x 685 mm x 1035 mm
  • Jarak sumbu roda : 1260 mm
  • Jarak terendah ke tanah : 135 mm
  • Tinggi tempat duduk : 750 mm
  • Berat Isi : 94 Kg
  • Kapasitas tangki bensin : 4.2 Liter
Rangka / Kaki-kaki
  • Tipe rangka : Underbone
  • Suspensi depan : Teleskopik
  • Suspensi belakang : Unit Swing
  • Rem depan : Single Disc Brake
  • Rem belakang : Drum Brake
  • Ban Depan : 80/80-14M/C (43P)
  • Ban Belakang : 100/70-14M/C
Kelistrikan
  • Sistem pengapian : TCI
  • Battery : YTZ4V/GTZ4V
  • Tipe busi : NGK/CR6HSA

Review Yamaha Mio Z 

Review Yamaha Mio Z

Review Yamaha Mio Z

Yamaha Mio Z menjadi seri tertinggi dari keluarga Yamaha Mio. Motor skutik ini memakai mesin berbasis Yamah Mio M3 yang dikenal sangat irit dan memiliki performa bertenaga. Dimana mesinnya memakakai mesin satu silinder berkapasitas 125 cc, dan dilengkapi teknologi SOHC dengan sistem pendingin udara. Mesin tersebut cukup bertenaga, dengan menghasilkan tenaga maksimum mencapai 7.9 kw pada putaran mesin 8.000 rom, dan torsi maksimum yang bisa diraihnya mencapai 9.6 nm pada putaran 5.500 rpm. Performa bertenaga yang dimiliki Mio Z rupanya tak lepas dari teknologi Blue Core.

Hampir semua motor matic Yamaha dilengkapi teknologi Blue Core. Pasalnya teknologi ini berhasil mengoptimalkan sistem pembakaran fuel injection agar lebih hemat bahan bakar mencapai 50% dibandingkan motor matic dengan sistem pembakaran karburator. Selain itu, teknologi Blue Core juga meminimalisir gesekan pada mesin, sehingga kinerja mesin lebih stabil. Berbekal teknologi inilah Yamaha Mio Z siap bersaing melawan motor matic buatan Suzuki dan Honda yang sama-sama dilengkapi teknologi Injeksi. Selain itu, Yamaha juga memberikan fitur tambahan berupa Eco Indicator.

Advertisement

Tak perlu diragukan lagi kinerja mesin berteknologi Blue Core yang dipakai Yamaha Mio Z. Namun bukan itu saja daya tarik motor matic ini, karena Yamaha juga memberikan fitur Multi Function key yang membuat stop kontak memiliki 3 fungsi berbeda, yaitu menyalakan motor, membuka bagasi, serta mengunci motor dengan mudah. Selain itu, tersedia pula bagasi yang luas dan lega untuk menyimpan barang bawaan dalam jumlah banyak. Apabila melihatnya secara sekilasan, desain motor ini memang terlihat sangat mirip dengan Yamaha Mio M3, namun ternyata ada perbedaan diantara keduanya.

Spesifikasi dan Harga Yamaha Mio Z

Spesifikasi dan Harga Yamaha Mio Z

Perbedaan antara Yamaha Mio Z dan Mio M3 bisa terlihat pada sektor kaki-kaki. Dimana motor ini memiliki ban depan berukuran 80/80-14 dan ban belakang 100/70-14. Alhasil motor ini semakin nyaman digunakan, walaupun tak selincah Yamaha Mio M3 yang dilengkapi ban depan berukuran 70/90-14 dan ban belakang 89/90-14. Hadirnya ban berukuran lebih besar membuat handling terasa lebih nyaman, dan cocok bagi kawula muda yang menginginkan motor matic dengan performa terbaik. Selain itu, Yamaha Mio Z juga dilengkapi rem depan dengan piringan cakram (disk brake), serta rem belakang tromol.

Harga Yamaha Mio Z yang dibanderol melebihi 15 Juta Rupiah membuatnya menjadi salah satu motor matic terbaik dikelas menengah. Secara keseluruhan motor ini memiliki ukurang dimensi panjang 1870 mm, lebarnya 685 mm, dan ketinggian dari tanah sampai keatas mencapai 1035 mm. Kemudian untuk jarak sumbu kerodanya berukuran 1260 mm dan memiliki tinggi tempat duduk 750 mm. Tak hanya itu saja, motor matic ini juga memiliki bobot sangat ringan, karena beratnya sekitar 94 kg, dan didukung kapasitas tangki mencapai 4.2 Liter. Alhasil motor ini semakin lincah saat dikendarai.

Advertisement

Sama seperti motor matic pada umumnya, Yamaha Mio Z memakai rangka bertipe Underbone dengan suspensi depan teleskopik, serta suspensi belakang bertipe unit swing. Suspensinya pasti sangat empuk, karena motor ini diciptakan sebagai kendaraan pribadi untuk sarana transportasi sehari-hari. Tak hanya itu saja, motor matic bermesin 125 cc ini juga dilengkapi sistem tramisi dengan V-Belt Automatic dan kopling Centrifugal Automatic. Lalu untuk sistem pengapiannya memakai TCI dengan tipe busi NGK/CR6HS.

Mesin berkapasitas 125cc yang dipadukan teknologi Blue membuat Yamaha Mio Z menjadi salah satu motor matic terbaik dikelas 125cc. Walaupun mesin dan desainnya terlihat mirip dengan Yamaha Mio M3, namun motor ini menawarkan ukuran ban lebih besar, dan desain stylis yang ramping dan memiliki bodi ringan. Nah bagi sobat otomotif yang tertarik membelinya, dan ingin tahu berapa sih sebenarnya harga Yamaha Mio Z, silahkan simak informasinya pada tabel dibawah ini.

Harga Yamaha Mio Z

Harga Yamaha Mio Z

Harga Yamaha Mio Z 

Harga Yamaha Mio Z Baru Rp. 15.100.000
Harga Yamaha Mio Z Bekas
Harga Yamaha Mio Z Terbaru Klik Disini

Yamaha membanderol Harga Yamaha Mio Z  sebesar Rp. 15.1 Jutaan. Harga tersebut merupakan harga On The Road Jakarta, jadi kemungkinan harganya akan berbeda di lain daerah. Walaupun harganya cukup mahal, namun motor matic ini menawarkan mesin bertenaga yang irit dan ramah lingkungan. Pasalnya mesin 125cc yang dibawanya telah dilengkapi teknologi BlueCore dan sistem pembakaran fuel injection. Selain itu, Yamaha juga menawarkan ban berukuran lebih besar dibandingkan milik Yamaha Mio M3, sehingga handling semakin sempurna, dan lebih nyaman dipakai berkendara.

Baca Juga : Spesifikasi dan Harga Yamaha MT-10, hanya di Otoboy.com

Nah demikian informasi otoboy.com mengenai Spesifikasi dan Harga Yamaha Mio Z. Dari informasi diatas dapat disimpulkan bahwa motor matic ini merupakan hasil pengembangan dari Yamaha Mio M3, karena menggunakan platform mesin dan desain hampir sama. Namun yang membuatnya berbeda adalah ukuran ban yang lebih besar, yang membuatnya semakin nyaman dipakai sehari-hari. Teknologi BlueCore yang dibawanya juga menjadi jaminan akan kualitas skutik Yamaha ini, karena performa mesin 125cc yang dibawanya akan semakin bertenaga dan lebih irit.

Advertisement
Advertisement