Inilah Motor Pertama Buatan Yamaha “Yamaha YA-1”

Advertisement

Otoboy.com – Yamaha menjadi pabrikan sepeda motor terbesar di dunia. Asal sobat ketahui, rupanya Yamaha mulai memproduksi sepeda motor sejak tahun 1950-an, dengan merilis motor bernama Yamaha YA-1. Yang unik dari motor ini adalah memiliki warna berbeda dibandingkan motor pada masanya. Dimana Yamaha YA-1 dibalut warna coklat kemerahan yang terinspirasi dari warna kacang chesnut. Dengan warna yang sedikit nyeleneh, karena pada masanya rata-rata sepeda motor memiliki warna hita, namun motor ini tetap sukses besar.

Motor Yamaha YA-1

Motor Yamaha YA-1

Kesuksesan Yamaha YA-1 sebagai motor pertama Yamaha, ditunjang oleh prestasi yang mengagumkan. Dimana motor ini berhasil meraih juara pada ajang Fuji Ascent Race III yang diselenggarakan pada tahun 1955. Selain itu, Yamaha YA-1 juga memenangkan ajang balapan Asama Highlands Race I atau yang dikenal sebagai Asama Highlands Race I atau All Japan Motorcycle Endurance Race. Prestasi inilah yang menjadi cikal bakal kehebatan Yamaha yang hingga saat ini menjadi pabrikan motor terbaik yang selalu ikut serta di ajang MotoGP ataupun balapan motor lainnya.

Pada masanya, Yamaha Y1-A menjadi salah satu motor tercepat. Bahkan motor ini mendapatkan julukan sebagai ‘Aka-tombo’ atau capung merah. Rupanya desain motor ini yang memiliki panjang 2 meter dan bobotnya mencapai 100 kg, terlihat mirip dengan sebuah capung. Dilansir dari otosia.com, desainnya sangat klasik dan mengusung mesin satu silinder berkapasitas 123 cc dua tak. Tak hanya itu, Yamaha Y1-A juga dilengkapi sistem pendiking udara yang memungkinan mesin berjalan sempurna dengan keluaran tenaga mencapai 5.6 PS pada putaran mesin 5.000 rpm.

Advertisement

Di masanya mesin tersebut merupakan salah satu mesin tercepat di dunia, jadi jangan samakan dengan mesin sepeda motor saat ini, yang telah dilengkapi berbagai teknologi canggih dan hampir semuanya terhubung ke komputer. Mungkin saat ini belum ada mesin 4 tak, sehingga mesinnya akan cukup boros bensin. Berbeda dengan motor sekarang ini yang rata-rata mengusung mesin 4 tak dengan teknologi injeksi di dalamnya. Untuk harganya juga relatif sangat mahal, namun sebanding dengan kemampuan mesin yang diusungnya.

Harga Yamaha YA-1 tergolong sangat mahal, karena motor ini pertama kali dipasarkan di Jepang seharga 138.000 yen atau apabila kita rupiahkan mencapai Rp. 16 Jutaan. Uang 16 Juta Rupiah ditahun 1950-an merupakan jumlah yang sangat fantatis, dan sudah pasti hanya kalangan elit saja yang bisa membeli sebuah sepeda motor. Namun saat ini, sepeda motor menjadi salah satu sarana transportasi utama yang menjadi pilihan banyak orang dalam beraktivitas. Nah bagi sobat otomotif yang penasaran ingin melihat motor pertama Yamaha ini, sobat bisa mengunjungi  musium Yamaha yang teletak di Shizuoka, Jepang.

Advertisement
Advertisement