Komposisi Mesin Baru Gunakan Cargine System Tanpa Camshaft

Advertisement

Otoboy.com – Era sudah berganti dan perkembangan teknologi kian hari kian melaju pesat bak pesawat jet yang telah lepas landas, dan tidak ada yang pernah bisa menghentikannya. Melihat akan filosofi tersebut kiranya sangat pas dengan komposisi mesin baru dari salah satu pabrikan pembuat supercar yang berasal dari Swedia bernama Koenigsegg. Pada sebuah video terlihat bagaimana mesin terbaru tersebut telah mengadopsi teknologi mesin terbaru dengan menghilangkan sistem terdahulu.

Dijelaskan pada laman dapurpacu, mesin baru tersebut menghapus valve covers dan cam shaft yang selama ini di pakai oleh mesin dengan jenis DOHC, dengan menggantinya dengan teknologi baru yang memiliki julukan nama Cargine System. Bahkan untuk mewujudkan komposisi mesin baru tersebut, pendiri Christian von Koenigsegg sampai-sampai membanguin anak perusahaan baru yang diberi nama FreeValve, yang nantinya akan berkonsentrasi dalam garapan inovasi mesin terbaru milik koenigsegg.

Komposisi Mesin Baru | Sumber : Dapurpacu.com

Komposisi Mesin Baru | Sumber : Dapurpacu.com

Perlu sobat ketahui, teknologi yang tengah di kembangkan tersebut tidak lain dan tidak bukan sengaja dilakukannya untuk bisa mereduksi ukuran mesin sampai dengan 50% dari ukuran aslinya, serta mengurangi bobot awal menjadi sekitar 30 %. Tentunya adanya perubahan secara signifikasn, pihak Koenigsegg sendiri mengklaim kalau teknologi barunya tersebut memiliki kemampuan untuk menghasilkan power dan daya torsi bisa meningkat hingga 30% lebih dari mesin normal.

Advertisement

Sedangkan pada pembakarannya bakal menjadi lebih sempurna dan juga diklaim dapat menghemat lebih dari 30% pemakaian awal dan pastinya lebih ramah lingkungan. Tidak sampai disitu saja, anak perusahaan koenigsegg ternyata masih terus mengembangkan teknologinya untuk mengurangi kebisingan yang dihasilkan oleh efek gerakan dalam mesin , dan memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ada atau ibarat kata kalu dalam software itu bernama “BUG”, agar lebih sempurna dalam menyemburkan tenaga.

Sudah bisa dibawayangkan, bila nantinya komposisi mesin baru dari Koenigsegg sudah di realisasikan dan di adopsi oleh pabrikan lain, bisa jadi pemakaian bahan bakar akan terasa lebih ramah, dan tentunya membuat lingkungan lebih sehat dari gas beracun yang keluar akibat pembakaran bahan bakar di dalam mesin. Kita tunggu saja kelanjutannya, semoga saja nanti sewaktu kami update laman berita terbaru mesin ini sudah sempurna, jadi kita bisa melihat hasil nyata dari power dan torsi yang didapatkan bila menggunakan mesin terbaru dari koenigsegg, hanya di Otoboy.

Advertisement
Advertisement