Spesifikasi Yamaha YZR-M1 2017 Milik Rossi dan Vinales

Advertisement

Otoboy.com – Tim Movistar Yamaha MotoGP telah memperkenalkan kuda besi barunya, yaitu Yamaha YZR-M1 2017. Motor ini memiliki desain berbeda dibandingkan Yamaha YZR-M1 2016, karena kita tak lagi menjumpai Winglet pada bagian depan Yamaha M1. Yah, penyelenggara MotoGP telah melarang pemakaian Winglet, sehingga kita tak akan lagi menjumpai Winglet pada motor yang mengikuti ajang MotoGP 2017. Tak hanya Yamaha, tim lain seperti Ducati, Suzuki, KTM, dan Honda juga menghilangkan fitur tersebut.

Spesifikasi Yamaha YZR-M1 2017

Spesifikasi Yamaha YZR-M1 2017

Hilangnya Winglet diharapkan akan meningkatkan handling motor menjadi lebih baik. Sejatinya Winglet berfungsi untuk memberikan gaya tekanan kebawah akibat atau Downforoce. Alhasil Winglet akan meningkatkan traksi ban depan dan meningkatkan kemampuan akselerasi diatas lintasan. Sayangnya Winglet dianggap mengancam keselamatan pembalap MotoGP, sehingga komisi MotoGP memutuskan untuk melarangnya.

Menurut kami, hilangnya Winglet pada Yamaha YZR-M1 2017 semakin menambah keren desain motor ini. Secara keseluruhan desainnya memang tak jauh berbeda dengan Yamaha YZR-M1 2016. Begitu pula dengan embel-embel sponsor yang terpasang di bodi Yamaha YZR-M1 2017. Namun kita tak akan lagi menjumpai warna putih pada motor tunggangan Valentino Rossi dan Maverick Viñales. Pasalnya, sekujur bodi Yamaha YZR-M1 2017 dibalut warna biru dan hitam yang tampak semakin sporty dengan suspensi depan UpSide Down berwarna emas.

Advertisement

Untuk spesifikasinya, Yamaha YZR-M1 2017 mengusung mesin 1000cc dengan empat silinder inline dan crossplane crankshaft yang disempurnakan sistem pendingi Liquid Cooled. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimal melebihi 240 Horsepower dan torsinya menembus 176 KW. Lalu ada pula ECU buatan Magneti Marelli yang disesuaikan dengan peraturan FIM. Kemudian untuk transmisinya, Yamaha YZR-M1 2017 mengadopsi transmisi 6 percepatan yang lebih responsif dibandingkan motor sport 1000cc pada umumnya.

Spesifikasi Yamaha YZR-M1 2017 semakin sempurna dengan suspensi depan belakang yang dibuat oleh Ohlins. Lalu ada pula velg berukuran 17 inci yang disesuaikan dengan ban Michelin bertipe basah atau kering. Kemudian untuk bagian pengereman, Yamaha YZR-M1 2017 memiliki rem depan buatan Brembo. Dimana bagian depan telah terpasang dua rem cakram karbon berukuran 340 mm atau 320 mm. Sedangkan bagian belakang memakai satu rem cakram yang terbuat dari  stainless steel dengan dua piston kaliper.

Spesifikasi Yamaha YZR-M1 2017

  • Mesin : 1000cc Liquid cooled inline four-cylinder with crossplane crankshaft
  • Tenaga Maksimal : 240 horsepower
  • Torsi Maksimal : 176KW
  • Transmisi : Six-speed cassette-type gearbox with alternative gear ratios available
  • ECU : By Magneti Marelli, in accordance with FIM Regulations
  • Suspensi : Öhlins upside down front forks and Öhlins rear shock
  • Chasis : Aluminium twin tube DELTA BOX with multi-adjustable steering geometry. Aluminium swingarm
  • Rem Depan : Brembo, two 320 mm or 340 mm carbon front discs, two four-piston callipers.
  • Rem Belakang : Single stainless steel rear disc, twin-piston calliper
  • Ban : Michelin, 17” front and rear, available as slick and wet tyres
  • Velg : Forged Magnesium 17” front and rear
  • Berat : 157 Kg, in accordance with FIM Regulations
  • Knalpot : Akrapovic

Desain Yamaha YZR-M1 2017 Valentino Rossi

Desain Yamaha YZR-M1 2017 Maverick Viñales

Pemakaian rangka  Aluminium twin tube DELTA BOX dengan multi-adjustable steering geometry dan Aluminium swingarm, membuat mobor motor Valention Rossi dan Maverick Viñales memiliki bobot seberat 157 Kg. Bobotnya sangat ringan, sehingga Yamaha YZF-M1 2017 mampu melaju sangat kencang. Jadi sobat jangan heran apabila motor ini mampu melaju melebihi 300km/jam ketika berada di trek lurus, karena motor ini dikembangkan secara khusus untuk mengalahkan juara bertahan Marc Marquez dan mengalahkan motor buatan Honda, Ducati, Suzuki, dan KTM serta Apprilia yang baru mengikuti ajang motorGP di kasta tertinggi.

Advertisement
Advertisement