Tata Cara dan Syarat Membayar Pajak Kendaraan Bermotor

Advertisement

Syarat Membayar Pajak Kendaraan – Banyak orang mengatakan kalau era birokrasi saat ini terbilang ribet, seperti ketika akan membayar pajak kendaraan. Padahal dalam kenyataannya tidak seribet yang kita pikirkan, karena cukuplah mudah untuk memenuhi kewajiban kita sebagai warga negara yang taat pajak. Bahkan bisa di katakan sangat simple, apalagi bagia anda yang memiliki persyaratan lengkap, tentunya membayar pajak bakal menjadi satu kegiatan sangagt menyenangkan, karena anda tidak persiapkan syarat-syaratnya yang serba asil, seperti KTP, STNK dan BPKB, dimana ketiganya merupakan syarat mutlak ketika kita akan membayarkan pajak.

Namun seringkali orang malas untuk keluar rumah, serta tidak memilikinya persyaratan lengkap dikarenakan membeli kendaraan motor second, memberikan celah terhadap calo untuk bergerak, padahal sudah jelas kalau dengagn kita berangkat sendiri, sebenarnya tidak membutuhkan uang lebih dari saat kita membayar calo, dan seperti apa yang kami katakan di awal, syaratnya juga simple, kemudian mengenai caranya juga terbilang mudah, karena nantinya sewaktu kita masuk ke SAMSAT, pastinya diberitahu oleh petugas mengenai alur pembayarannya, bahkan dengan senang hati para petugas melayani para pembayar pajak.

Advertisement

Biasanya setelah sampai disana, atau lebih tepatnya di depan pintu pas lobi bakal diperlihatkan simulasi cara dan syarat membayar pajak kendaraan bermotor. Mulai dari loket pertama hingga saat akan membayarkan uang pajak terhadap kasir, tapi perlu sobat ketahui, ada syarat membayar pajak rutin satu tahunan, dan adapula cara bayar pajak rutin 5 tahunanan, dimana untuk opsi kedua tadi, terdapat cara-cara yang berbeda, tapi tenang saja, hal itu masih sangatlah mudah ketika kita melakukan praktekya di lapangan. Berikut kami berikan Tata Cara dan Syarat Membayar Pajak Kendaraan Bermotor secara lengkap dibawah ini.

Cara dan Syarat Membayar Pajak Kendaraan Bermotor

Cara dan Syarat Membayar Pajak Kendaraan Bermotor

Cara dan Syarat Membayar Pajak Kendaraan Bermotor

1. Isi Formulir Permohonan

Pertama – tama sobat mengambila formulir Permohonan Perpanjangan STNK pada bagian loket pendaftaran, nantinya setelah itu anda isi sesuai dengan data yang anda miliki terutama STNK maupun BPKB, tapi perlu kami tekankan disini, telitilah sebelum nantinya diserahkan terhadap petugas, karena berbeda satu nomor atau angka, salah-salah sobat akan disuruh mengulang dan mengisi kembali formulir ini. Setelah terisi lengkap, kini sobat siapkan lampiran berkas sesuai dengan apa yang di butuhkan, baik itu membayar pajak STNK tahunan / 5 tahunan, yang bisa sobat lihat dibawah

  • Syarat Perpanjang STNK 5 Tahunan

– STNK Asli dan Fotocopy

– Fotocopy BPKB

– Cek fisik kendaraan

KTP Asli sesuai dengan nama yang tertera pada STNK maupun BPKB

  • Syarat Perpanjang STNK Tahunan

– Fotocopy BPKB

– Cek fisik kendaraan

– KTP Asli sesuai dengan nama yang tertera pada STNK maupun BPKB

Advertisement

3. Serahkan Berkas serta Lampiran Ke Loket

Setelah mengisi formulir dengan lengkap, kemudian melampirkan berkas sesuai dengan keperluan pajak yang bakal sobat bayarkan, langkah syarat membayar pajak kendaraan kedua, sobat tinggal serahkan berkas ke loket untuk di cek kelengkapannya, dan bila semua sudah sesuai, anda akan diberikan nomor antrian , atau bisa juga anda mengambil nomor antrian.

4. Tunggu Sesuai Dengan Nomor Antrian yang Diberikan Oleh Petugas / yang kita ambil

Setelah dapatkan nomor antrian, sobat diwajibkan menunggu, disini anda bisa duduk pada tempat yang disediakan oleh pihak Samsat.

5. Mendapatkan Slip Pembayaran

Kemudian seusai menunggu, dan mendapatkan panggilan, disini sobat akan mendapatkan slip pembayaran pajak untuk selanjutnya diteruskan pada loket selanjutnya.

6. Menyerahkan Slip dan Sejumlah Uang

Selanjutnya anda akan mendapatkan panggilan kembali untuk membayarkan sejumlah uang sesuai dengan apa yang tertera pada bagian slip pada loket pembayaran, dan kembali sobat dapatkan tanda bukti akan pembayaran yang tadi dilakukan pada loket.

7. Mengambil STNK Dengan Tanda Bukti Pembayaran

Lalu sehabis sobat dapatkan bukti pembayaran pajak, sekarang sobat tinggal mengantri kembali pada loket STNK Mobil / Motor, disini sobat akan mendapatkan panggilan untuk mengambil pajak dengan cara menyerahkan bukti pembayaran terhadap petugas.

Advertisement

Baca juga : Harga Moge Kawasaki Murah

Sangat mudah kan membayar pajak ? syarat yang dibutuhkan juga tidak ribet, asalkan kendaraan yang sobat miliki ada BPKB dan STNK Asli, tetapi kalaupun motor cicilan juga tetap mudah cara pembayaran, paling sobat hanya menambahkan surat keterangan dari pihak finance bahwa motor masih dalam waktu angsuran, kemudian setelah sudah dapatkan, sobat tinggal minta legalisir ke pihak Polisi Lalu lintas, dan persayaratan tersebut merupakan pengganti BPKB pada bagian berkas di atas. Demikian tata cara dan Syarat Membayar Pajak Kendaraan Bermotor yang bisa kami berikan, semoga bermanfaat serta dapat membantu anda saat akan membayar pajak.

Advertisement
Advertisement