Triumph Street Twin, Motor Classic Berdesain Kontemporer

Advertisement

Otoboy.com – Triumph Street Twin dikabarkan akan segera mengaspal di jalanan India dalam waktu dekat ini. Motor ini kabarnya akan menjadi varian termurah dari jajaran motor Triumph yang selama ini dipasarkan untuk kelas premium. Walaupun menjadi yang termurah, namun harga Triumph Street Twin akan tetap dibanderol diatas 100 Juta Rupiah. Bahkan biaya pendaftara inden motor ini di India mencapai 1 lakh atau setara Rp. 20.8 Juta Rupiah, dan kabarnya baru akan dirilis di ajang New Delhi Auto Show 2016 pada bulan februari 2016.

Triumph Street Twin

Triumph Street Twin

Apabila mengacu pada situs resmi Triumph, motor ini dibanderol mencapai £7,300 atau setara Rp. 110 Jutaan. Dibalik harganya yang mahal, telah disediakan mesin  900 cc parallel-twin yang mampu menghasilkan torsi hingga 80 Nm pada putaran mesin 3.200 Rpm. Sementara untuk tenaga maksimal yang bisa diraih mesin tersebut, mencapai 55 PS pada putaran mesin 5.900 Rpm. Kemudian untuk sistem transmisinya, mengadopsi transmisi 5 tingkat percepatan yang mampu membuatnya melaju sangat kecang.

Tidak hanya dilengkapi mesin 8 valve, SOHC dengan sistem pendingin cairan yang sangat bertenaga, motor Triumph Street Twin juga dilengkapi sistem pembakaran berteknologi electronic fuel injection, serta memiliki 2 buah knalpot untuk mengalirkan sisa pembakarannya. Kemudian pada bagian pengereman, sudah tersedia sistem pengereman berteknologi ABS yang dipadukan piringan cakram berdiamter 310mm untuk ban depan, dan 255mm untuk ban belakang.

Advertisement

Triumph Street Twin sangat cocok bagi sobat otomotif yang gemar touring. Pasalnya, Triumph melengkapinya dengan suspensi depan bertipe Kayaba 41mm forks, dan suspensi belakang Kayaba twin shocks yang membuatnya semakin nyaman dikendarai dalam waktu lama. Menariknya lagi, Triumph Street Twin tergolong memiliki efesiensi bahan bakar sangat baik, karena hanya dibutuhkan 3.7 liter BBM untuk menempuh jarak sejauh 100 km.

Dengan mengadopsi frame berjenis Tubular steel cradle, motor ini akan terasa sangat kokoh, dan terkesan sangat macho. Apalagi Triumph mendesain motor ini dengan gaya desain kontemporer yang memiliki garis dan lekukan bodi sangat jelas. Walaupun desainnya terlihat kontemporer dan menjerminkan jati diri motor classic, namun didalam Triumph Street Twin tersimpan berbagai teknologi modern, kontrol traksi, engine immobilizer, dan soket USB.

Sayangnya untuk saat ini, Triumph Street Twin belum beredar di Indonesia. Sebagai gantinya, sobat otomotif bisa membeli Triumph Bonneville dengan harga sekitar Rp. 305 Juta, atau Triumph Thruxton dengan harga 340 Juta. Ketiga motor ini sama-sama memiliki desain classic dengan akses bodi kontemporer yang membuatnya tampak berbeda dengan motor buatan Jepang, jadi sobat otomotif jangan heran apabila harganya sangat mahal.

Advertisement
Advertisement